10 TEMPAT WISATA YANG HARUS KAMU KUNJUNGI DI LABUAN BAJO (PART 2)

6. PULAU RINCA. Pulau Rinca bisa menjadi salah satu pilihan selain pulau Komodo untuk melihat satwa endemik Indonesia. Komodo merupakan pemangsa puncak di habitatnya. Ada lebih dari 1000 komodo liar di pulau Rinca tetapi tidak bisa dipastikan ketika berkunjung di sini akan dapat langsung melihat Komodo karena hewan ini di biarkan lepas di alamnya. Tetapi ada pemandu khusus yang sudah mengetahui titik tempat di mana komodo berkumpul atau berteduh. Tetap mengikuti aturan yang di berikan oleh pemandu atau warga sekitar, ya.

7. PULAU KALONG. Tak lengkap rasanya ketika trip menggunakan kapal dan tidak berhenti di Pulau Kalong. Pulau di mana ketika matahari terbenam, kamu dapat melihat ratusan kelelawar terbang dari pulau Kalong ke pulau lain untuk mencari makan. Kelelawar yang keluar dari pulau Kalong seakan menambah magisnya hamparan langit berwarna merah jingga kebiruan yang indah, sehingga fenomena alam ini sangat sayang untuk dilewatkan dengan durasi yang begitu cepat. Jangan kaget ya, karena ketika memasuki matahari terbenam, kamu akan melihat banyak kapal pesiar yang berhenti di tengah laut hanya untuk melihat fenomena ini. Penasaran? Jangan lupa masukan di bucket list mu.

8. PULAU BIDADARI. Jika ada yang berwarna merah muda di Pink Beach, ada pula yang berwarna putih yaitu Pulau Bidadari atau yang sering di sebut dengan Angel Island. Seperti namanya, hamparan pasir putih di bibir pantai tidak boleh terlewat. Bukan hanya menawarkan pasirnya yang putih tapi kamu juga bisa snorkeling di pulau ini. Bukan hanya airnya yang tenang tetapi beragam biota laut yang memanjakan mata. Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat penyu dan beragam jenis ikan laut lainnya.

9. AIR TERJUN CUNCA WULANG. Kita bergeser dari pulau dengan biota lautnya yang menyegarkan mata ke air terjun. Air terjun Cunca Wulang dengan ketinggian 2.000 mdpl ini terletak di kawasan Hutan Mbeliling di desa Wersawe dan dapat di tempuh melalui jalur darat kurang lebih 1,5jam. Sesampainya di sana, kamu perlu melakukan trecking untuk sampai ke air terjun ini. Air terjun Cunca Wulang ini sekilas seperti Green Canyon karena memiliki embience dan warna air yang sama namun dengan versi yang lebih sempit karena diapit oleh bebatuan di sepanjang sisinya.

image

10. DESA MELO. Sekarang kita ajak kamu berkunjung ke salah satu desa wisata yang tak jauh dari Labuan Bajo yaitu Desa Melo. Di Desa Melo, kamu bisa melihat rumah adat percontohan masyarakat Manggarai mula-mula yang disebut Mbaru Gendang. Rumah ini bergaya rumah panggung, beratapkan ijuk yang dirangkai sedemikian rupa serta berlantai papan kayu. Masyarakat Manggarai biasanya menggunakan rumah ini untuk melaksanakan acara adat. Pemandangan yang asri dan cantik, di desa ini kamu juga dapat melihat pemandangan kota Labuan Bajo dari ketinggian 624 meter. Selain itu di Desa Melo ini kamu dapat melihat tarian khas Manggarai seperti Tari Caci, Tari Kerangkuk Alu dan Tari Ndundu Ndake. Untuk melihat tarian-tarian tersebut, terlebih dahulu harus ‘memesan’ kepada ketua adat atau pengurus yang ada di sana karena tidak setiap hari warga local melakukan aktivitas tersebut.

image
image

Masih banyak lagi tempat wisata yang bisa di eksplore di Labuan Bajo, jadi jangan ragu untuk menyisihkan waktu liburanmu ke sini dan jangan lupa untuk tetap menaati Protokol Kesehatan, ya! Sampai jumpa di Labuan Bajo.