10 TEMPAT WISATA YANG HARUS KAMU KUNJUNGI DI LABUAN BAJO (PART 1)

Labuan Bajo merupakan destinasi paripurna yang dikelilingi oleh pelbagai keindahan alam, mulai dari hamparan savannah, keindahan alam bawah laut dengan pasir putihnya dan lainnya. Jadi untuk kamu yang hobi snorkeling atau mendaki gunung, tentunya sudah familiar sama Labuan Bajo. Apalagi kalau kamu mengunjunginya di bulan yang tepat, saat gelombang laut lagi bersahabat. Berikut 10 tempat wisata yang diberikan Labuan Bajo padamu.

1. PINK BEACH. Karena pasir pantai yang berwarna pink, itu sebabnya pantai ini dikenal dengan nama “Pink Beach”. Warna pink adalah berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink. Tidak hanya dimanjakan oleh pasir yang berwarna merah muda tetapi beragam biota laut dengan air laut yang begitu biru dan bersih

2. GOA BATU CERMIN. Goa Batu Cermin setinggi 75 meter ini punya pesonanya sendiri. Sebelum masuk goa, kamu akan diberikan helmet beserta senter agar jangan sampai kepalamu terbentur dinding-dinding goa karena banyak area sempit yang harus dilalui. Di dalam goa cermin, kamu bisa melihat stalagmit dan stalagtit beraneka bentuk seperti bentuk penyu bahkan ada yang berbentuk seperti ular dan koral. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Goa Batu Cermin adalah di saat siang hari ketika matahari pas di atas kepala, kamu dapat melihat sinar matahari yang masuk melalui dinding-dinding goa dan merefleksikan cahaya, seperti cermin.

3. GOA RANGKO. Bak kolam pemandian alami dalam goa ini membutuhkan 2 kali perjalanan, melalui jalan darat yang di tempuh kurang lebih 30 menit hingga 1 jam dari pusat kota Labuan Bajo lalu di lanjutkan dengan menggunakan perahu warga desa Rangko selama 20 hingga 30 menit. Sesaat sesampainya di goa rangko masih membutuhkan sekitar 5 menit tracking. Berkunjunglah ke Goa Rangko ketika siang hari, saat sinar matahari masuk melalui lubang goa dan dipantulkan ke air laut yang ada di dalam goa seperti memunculkan efek iluminasi pada dinding-dindingnya. Perjalanan yang cukup panjang akan terbayarkan ketika kamu sudah berenang di dalam goa yang bentuknya menyerupai kolam dengan air laut yang jernih ini.

image

4. PULAU PADAR. Sebelum pergi ke pulau Padar ada baiknya untuk menjaga stamina tubuh karena untuk mencapai di puncak pulau padar untuk melihat pemandangan landscape tiga semenanjung pantai dengan warna laut yang berbeda dan sangat indah ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk menaiki anak tangga yang cukup menanjak. Jika tidak terbisa melakukan perjalanan mendaki, pulau Padar juga memiliki beberapa spot pemberhentian yang juga tetap bagus untuk dijadikan tempat berswa-foto. Waktu terbaik untuk ke padar adalah saat subuh karena selain dapat melihat sunrise di puncak pulau padar, cuaca juga belum terlalu panas. Jangan lupa sunblock, ya.

image
image

5. PULAU KOMODO. Banyak wisatawan ketika ingin berwisata ke Labuan Bajo harus mengunjungi Pulau Komodo. Pulau dengan salah satu keajaiban dunia yang masih memiliki aktivitas reptil besar yang dilindungi yaitu Komodo atau sering di sebut dengan Kadal Raksasa. Di pulau Komodo, wisatawan bisa berinteraksi secara langsung dengan memberi makan dan dapat berfoto bersama dengan komodo dengan tetap di damping oleh pemandu khusus. Selain dapat melihat Komodo secara dekat, kita juga dapat melihat padang savannah ataupun mengunjungi pantainya yang bersih dan indah.